Rabu, 02 Januari 2013

Mulailah Dari Hal Kecil

Contoh teman kita ya....
GO GREEN, kata yang identik dengan perbuatan yang baik bagi bumi. Mungkin beberapa dari kalian masih mengira untuk berbuat go green masih membutuhkan energi, kecerdasan, dan biaya yang tinggi. Tetapi kita bisa melakukan hal yang sederhana untuk menjaga bumi kita ini. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut


  • Hemat Air Bersih, mungkin masih ada yang bertanya, "air kan nggak bisa habis, ngapain harus dihemat?" Benar, air memang tidak bisa habis. Karena siklus air yakni 'air menguap dan menjadi awan lalu mengembun, setelah itu turun hujan' benar-benar terbukti. Walaupun demikian, air yang tidak bersih atau mengandung bahan kimia (misalnya H2So4) akan merusak bumi. Jadi, matikanlah keran saat tidak digunakan, jangan mandi dengan air yang berlebihan, gunakan air secukupnya saat mencuci alat makan/pakaian, segera perbaiki kerusakan pada bak bocor atau semacamnya, dan menyiram tanaman dengan air secukupnya.
  • Memperlakukan Sampah Dengan Benar, salah satunya adalah membuang sampah pada tempatnya. ini adalah cara yang paling sederhana untuk menjaga bumi kita. Terutama sampah plastik, ini adalah bahan anorganik yang sangat sulit terurai. Dan juga beberapa binatang bisa mati karena menelan sampah plastik (ikan contohnya). Ada juga mendaur ulang sampah dan memakai ulang sampah (Recycle and Reuse), jangan menghambur-hamburkan kertas/plastik, kita bisa menggunakannya untuk dekorasi atau origami. Dan yang terakhir adalah melakukan pengomposan terhadap sampah organik.
  • Hemat Listrik, jika televisi, radio, atau alat elektronik lainnya sedang tidak digunakan, sebaiknya dimatikan saja. Menghemat listrik bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pemanasan global (Global Warming). Kenapa? Karena mayoritas pembuatan energi listrik menggunakan pembakaran batubara. Dan batubara tersebut mengandung sulfur, jika bereaksi dengan oksigen akan menjadi oksida belerang (So2). Gas itu tentunya akan merusak lapisan ozon bumi kita.
  • Hemat Bahan Bakar, jangan terlalu sering menggunakan kendaraan bermotor kemana-mana, karena bahan bakar yang kita pakai bisa saja habis. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuat bahan bakar minyak bumi, dan juga asap kendaraan dapat menimbulkan polusi udara yang dapat merusak lapisan ozon bumi kita. Jika kita pergi, biasakan bersepeda atau naik angkutan umum. Karena saat menggunakan angkutan umum, kita tidak menggunakan kendaraan pribadi dan jumlah kendaraan di jalan pun berkurang. Kalau bisa berjalan kaki, karena membuat kita sehat/bugar dan tidak menimbulkan polusi.
  • Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga bumi kita... Jika ingin mencoba, selamat mencoba. Jika tidak ingin mencoba, coba pikirkan lagi "Kita harus menjaga bumi ini, jangan biarkan dia rusak. Dimana anak cucu kita akan tinggal jika bumi kita ini rusak? Dimana generasi berikutnya akan berkarya jika bumi ini rusak? Dan bagaimanakah kemurkaan Tuhan saat bumi ini rusak?"

      Tidak ada komentar:

      :a :b :c :d
      :e :f :g :h
      :i :j :k :l
      :m :n :o :p
      :q :r :s
      :t :u :v
      :w :x :y
      :z :1 :2 :3
      :4 :5 :6 :7
      :8 :9

      Posting Komentar