Jumat, 11 Januari 2013

Kasihanilah Selokan Kita

Di dekat SMP N 1 Kalasan kita ini, terdapat selokan yang dulunya dipakai penjajah Belanda untuk irigasi dan sekarang telah disalahgunakan masyarakat untuk membuang limbah, baik limbah rumah tangga, limbah peternakan, limbah industri, sampai bahan kimia.


Selokan Mataram


Terutama bahan-bahan kimia, limbah yang berwarna dan berbau mengerikan ini menggantikan air bersih Selokan Mataram yang selama ini mengalir, walaupun volumenya dapat dikatakan masih relatif kecil tetapi jika terus bertambah akan menjadi lebih parah dari itu dan selokan penuh dengan sampah juga bisa menyebabkan Jogjakarta banjir. Penduduk yang tinggal di sepanjang Selokan Matarm-pun sepertinya juga masih kurang peduli pada kondisi selokan tersebut. Limbah rumah tangga yang kebanyakan berupa tas kantong milik masyarakat jelas-jelas dibuat oleh manusia.
Sampah di Selokan Mataram
Masyarakat yang tinggal di sepanjang selokan ini seharusnya tidak melakukan hal yang merusak Selokan Mataram dengan limbah-limbah, baik itu kondisi kebersihan, kenyamanan maupun keindahannya secara keseluruhan. Limbah di air adalah media hidup mikroba berbahaya dan sarang nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit DBD. Air bersih pun mulai hilang, sehingga masyarakat tidak dapat menggunakannya. Apabila masyarakat di sepanjang aliran Selokan Mataram sadar terhadap kelestarian selokan, penumpukan sampah di sepanjang aliran selokan ini akan berkurang. Kalau begitu, ayo kita jaga selokan ini! Kesadaraan pun tumbuh dari diri sendiri, bukan orang lain.  Dan lebih baik jika kita ini membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, bukan di selokan yang seharusnya menjadi sarana irigasi!


Tidak ada komentar:

:a :b :c :d
:e :f :g :h
:i :j :k :l
:m :n :o :p
:q :r :s
:t :u :v
:w :x :y
:z :1 :2 :3
:4 :5 :6 :7
:8 :9

Poskan Komentar